Dunia Medis,Kesehatan Anak,Herbal, Mulut Dan Gigi,Obat-Obatan,Tips Kesehatan,etc

Gigi peka persoalan dan solusi

Ditulis oleh:

Konten Kesehatan – Jagalah kesehatan gigi dan kesehatan tubuh anda.


Gigi peka persoalan dan solusi


Sebagian kita pastinya pernah alami gigi peka atau sembari baca artikel ini anda sedang alami sensitivitas pada gigi anda. Nah disini saya akan mengulas sedikit ilmu saya tentang sensitivitas pada gigi. Beberapa pertanyaan mungkin nampak dalam pukiran anda sesungguhnya apa sih yang dimaksud dengan gigi peka? apa penyebab gigi peka? bagai mana pencegahannya? lalu kalo udah terlanjur gigi peka bagaimana cara penanggulangannya? saya akan memberikan jawaban seluruh pertanyaan tersebut.

Gigi peka
Gigi peka ialah arti umum yang dipakai untuk tunjukkan wujudnya dentine hypersensitive akibat menipisnya enamel, penurunan gusi dan terbukanya dentin, sesuatu susunan di bawah enamel. Nyeri yang mempunyai kaitan dengan sensitivitas berlangsung dalam saraf gigi, nyeri gigi peka tidak selamanya tetap; ada yang tatkala dan tatkala namun berkala. Nyeri yang tidak henti-henti mungkin ialah satu tanda masalah yang lebih serius. Bagaimanapun, ialah mutlak bagi anda membincangkan
gejala tersebut dengan dokter gigi anda untuk menjadi penentu penyebab dan perawatan selanjutnya, gara-gara masalah ini akan amat membuat ganguan kalau tidak ditindak lanjuti.


Penyebab Gigi peka
hasil riset para ahli di USA, sebanyak 50-90%, penderita memberikan gencetan besar/berlebih pada waktu menggosok gigi. teraturitas menggosok gigi dengan gencetan berlebih dapat bikin gusi alami iritasi atau gusi menurun leher gigi, lama kelamaan akar gigi akan terbuka (resesi gingiva), leher gigi berlubang, susunan e-mail pun akan menjadi kurang ketebalannya sehingga bila minum air dingin, asam/manis atau bahkan tersentuh bulu sikat gigi pun akan terasa ngilu. Oral hygiene/situasi rongga mulut yang jelek, penumpukan plak/karang gigi, yang ialahTempat Tinggal” tinggalnya berjuta-juta kuman dalam rongga mulut. Lambat laun karang gigi pun dapat mengiritasi gusi sehingga gusi akan mudah berdarah, timbul pula bau mulut yang tidak “fresh“. Pembuatan susunan e-mail gigi yang tidak sempurna (ename hypoplasia) dapat pula berlangsung pada pribadi-pribadi spesifik. situasi ini pun akan menjadikan gigi menjadi peka. Food impaksi/penumpukan sisa-sisa makanan di wilayah perjumpaan gigi dengan gigi/kontak gigi. Sisa makanan ini menyusup masuk melewati leher gigi dan sukar tergapai sikat gigi sehingga akan sukar dibersihkan, lama kelamaan penumpukannya akan semakin banyak, menghimpit saku gusi semakin dalam situasi normal. garis besar penyebab sensitivitas gigi ialah :
1. Penurunan Gusi.
2. jeleknya Orah Hygiene (OH -).
3. Bleaching ( Pemutihan permukaan gigi).
4. Terkikisnya e-mail.
5. penyikatan gigi terlalu kuat.


Pencegahan Gigi peka
Untuk menyetop gigi menjadi peka, kuncinya ialah menyedikitkan gencetan berlebih waktu menggosok gigi, memakai sikat gigi dengan type bulu sikat yang tidak keras dan menggosok gigi menggunakan cara yang benar. memakai pasta gig yang spesial untuk gigi peka, teratur lakukan testkan gigi ke dokter gigi, usahakan jangan minum/makan panas dan dingin kurun waktu an.


Penyembuhan dengan cara diberi obat Gigi peka


Langkah-langkah yang perlu di perhatikan bagi penderita yang memunyai gigi peka ialah;


1. membuat supaya tak terlihat teraturitas jelek menggosok gigi dengan gencetan berlebih.


2. Menggosok gigi menggunakan cara dan waktu yang pas.


3. Memakai type bulu sikat gigi yang lunak/soft tidak memakai bulu sikat yang sudah rusak.


4. memakai pasta gigi yang mengandung zat strontium chloride/ potassium nitrate/ fluoride atau berkumur-kumur dengan obat kumur yang mengandung zat-zat diatas. berbasickan para peneliti zat ini mampu memproduksi ikatan kristalisasi serta membuat supaya tidak nampak porus-porus pada permukaan mahkota gigi yang banyak pembuluh syaraf (tubuli dentin)/ permukaan akar gigi yang terbuka, sehingga dapat membuat supaya tak terlihat keluhan-keluhan gigi peka.


5. Pada situasi akar gigi yang terbuka/sudah timbul lubang pada leher gigi seyogianya dikerjakan penambalan.


6. Pada Perkara mahkota gigi/e-mail gigi tipis (hypoplasia enamel) biasa dibikinkan mahkota jaket.


7. memakai compound oxalate atau dengan bonding agent untuk membuat supaya tidak nampak porus-porus/tubuli dentin.


Dengan banyaknya Perkara-Perkara diatas sudah selayaknya pasien yang memunyai keluhan yang sama, senantiasa memerhatikan langkah-langkah yang telah diterangkan. Insya Allah dengan menegakkan disiplin dalam memelihara kesehatan gigi dan mulut segala keluhan Anda akan menjadi kurang atau hilang, kegiatan pun akan lancar.


Terima kasih telah berkunjung, semoga artikel Gigi peka persoalan dan solusi bermanfaat.

0 comments "Gigi peka persoalan dan solusi", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment