Dunia Medis,Kesehatan Anak,Herbal, Mulut Dan Gigi,Obat-Obatan,Tips Kesehatan,etc

Kawat gigi / bracket

Ditulis oleh:

Konten Kesehatan – Jagalah kesehatan gigi dan kesehatan tubuh anda.


Kawat gigi / bracket


Kawat gigi atau bracket, diantara kita pastinya ada yang sedang memakai alat bantu gigi ini, mengapa saya katakan alat bantu gigi?
alasan pertama gara-gara mempunyai letak dengan gigi dan senantiasa menjaga gigi kita.
alasan ke-2 gara-gara dipakai untuk hiasan dan biar pede :)
alasan ke-3 gara-gara dipakai orang yang mempunyai kelainan di rahang dan punya tujuan memperbaiki bentuk mukanya. mmm kira2 alasan tersebut cukup bagi saya untuk bikin tilisan singkat ini :)

kawat gigi pada era lampau ialah hal yang aneh dan terkesan merepotkan, namun sekarang remaja maupun artis menggunkana kawat gigi Di Samping untuk memperbaiki bentuk rahang maupun giginya, tidak sedikit yang memakai kawat gigi ini Selayak hiasan di muka untuk beri dukungan tampilan. namun kapankah seseorang membutuhkan perawatan memakai kawat gigi ?


Kawat gigi ialah kawat yang bisa meratakan gigi. berbasickan typenya, bracket (bagian yang menempel) pada kawat gigi untuk tujuan estetis atau kosmetik ada yang bisa dipandang dan tidak bisa dipandang. Ada yang bersifat permanen bermakna tidak bisa dilepas dan dipasang, lalu ada juga yang bersifat bisa dilepas dan dipasang. Mekanismenya ialah dia mengatur, menyorong dan menahan pergerakan gigi. Perawatan ortho punya tujuan untuk memperbaiki fungsi bicara, estetis muka, sudut bibir, rahang, senyum.


alangkah baiknya, pemasangan (kawat gigi) dikerjakan dokter gigi spesialis orthodontist. Jika susunannya normal, geligi berbaris rapi atau antara gigi atas dan bawah bisa tepat mengatup. kalau sudah simetris – garis tengah dua gigi depan atas cocok atau sepadan dengan garis tengah dua gigi depan bawah, namun mempunyai letak persis di bagian tengah muka. Namun, tak seluruh orang bagus susunan giginya. Prevalensi (angka kejadian) kelainan susunan geligi dan pengatupan rahang di Indonesia konon menggapai 80%. Kelainan ini menjadi masalah paling besar ke-3 sesudah gigi berlubang dan penyakit gusi. Jika gigi-geligi terlalu berjejal, maju-mundur, gingsul, atau kebalikannya terlalu jarang, kawat gigi diperlukan untuk meluruskan. Juga pada situasi rahang bawah normal, rahang atas maju (tonggos), atau kebalikannya, rahang bawah terlalu maju, rahang atas normal (cakil). jika tidak cepat dikerjakan, kelainan-kelainan itu akan bikin acara sikat gigi tak maksimum. Akibatnya, gigi jadi mudah berlubang, tumbuh banyak karang gigi, gusi mudah berdarah, dan memun-culkan bau mulut tak Sedap. Pada step lebih parah, bahkan dapat membuat timbul gangguan sakit kepala dan otot leher.


bebrapa orang yang saya temui kadang-kadang menanyakan kapan alangkah baiknya kita memakai kawat gigi? lalu apakah kawat gigi itu mutlak mutlak bagi kita?
pemasangan kawat gigi di akhir masa gigi campur atau pada waktu itu anak memasuki masa pubertas (12 tahun). Walaupun sudah terlihat berjejalan, alangkah baiknya biarkan gigi tetap tumbuh dulu hingga sekitar usia 12 tahun, agar perkembangan rahangnya maksimum. Untuk membenarkan gigi pasien dipagari dengan benar, orthodontist akan lakukan test dengan perinci dan melakukan pengambilan data pasien selengkap mungkin, meliputi pengujian klinis geligi,layaknya pencatatan gigitan dan ke simetrisan gigi, serta katupan geligi. seluruh masalah layaknya gigi bolong, karang gigi, kelainan jaringan gigi, dan perawatan saraf gigi, jika ada, harus dikerjakan dulu, sehingga gigi betul-betul bersih dan sehat.
Perawatan dengan Pertolongan kawat ini perlu kedisiplinan tinggi, gara-gara meliputi seluruh gigi. terhitung membidikkan gigi yang belum tumbuh, agar beri dukungan perbaikan tumbuhnya rahang. Kalau perlu, dikerjakan pengambilan photo rontgen yang meliputi dua sudut pengambilan, ialah panoramik (raut seluruh geligi dan tulang) serta chepalometri (kedudukan rahang, tulang muka dan geligi). Selanjutnya, dikerjakan pencetakan geligi untuk memperoleh model. hasil photo rontgen dan cetakan geligi inilah dikerjakan kelainan untuk rancangan perawatan. contohnya, berapa mili-meters ketidaknormalannya? Apakah cukup diasah atau plus pemakaian kawat gigi lepasan? Perlukah melakukan cabutan geraham kecil dibelakang gigi taring, masing-masing dua diatas dan di bawah? Pada rahang cakil, perlukah operasi pemotongan tulang bawah orthodontist dan ahli bedah mulut? selanjutnyanya, akan dipaparkan detail rancangan perawatan dan pembiayaan. gara-gara perawatan diadakan lama, antara enam bulan hingga tiga tahun (tergantung berat-ringannya Perkara), ongkosnya relatif mahal. Pasien pun harus bersedia membuat tanda tangani Inform Consent alias kesepakatan perawatan, baik untuk perawatan dengan kawat gigi lepasan maupun cekat.


nah kalau sekarang masalah harga ??? wah anda pasti menanya2 berapa sih harga untuk pemasangan kawat gigi? mohon maaf kalau untuk masalah ini saya tidak bisa memberikan jawaban gara-gara tarif dicocok atau sepadankan masing-masing dokter gigi maupun dokter spesialisnya.


Walau tak ada pantangan, alangkah baiknya hin makanan yang manis, lengket, liat, dan bersoda, gara-gara makanan macam itu lebih sukar dibersihkan. Makanan padat dan keras kayak apel, alangkah baiknya dipotong kecil-kecil. Jangan coba-coba melepas atau menyetel kawat gigi yang sudah dipasang.


Jika bracket lepas, atau kawatnya ada yang menikam gigi, mengadulah langsung ke dokter.


sebanyak pasien mengeluhkan rasa nyeri dan tak nyaman. Wajar, gara-gara ada benda asing di dalam mulut. Ada juga pasien yang mengeluhkan datangnya seriawan, Setelahdesakan kawat gigi ke selaput lendir. Namun, percayalah, kalau dokternya terampil dan bekerja dengan rapi, masalah-masalah tadi mestinya tak berlangsung, atau sekurang-kurangnya dapat dikurangi.


Terima kasih telah berkunjung, semoga artikel Kawat gigi / bracket bermanfaat.

0 comments "Kawat gigi / bracket", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment