Dunia Medis,Kesehatan Anak,Herbal, Mulut Dan Gigi,Obat-Obatan,Tips Kesehatan,etc

Karang Gigi dan Cara menanggulanginya

Ditulis oleh:

Konten Kesehatan – Jagalah kesehatan gigi dan kesehatan tubuh anda.


Karang Gigi dan Cara menanggulanginya


Karang gigi (Calculus) ialah kumpulan plak termineralisasi ( pembuatan mineral layaknya “batukarang” ) yang menempel pada permukaan gigi.

Berbasickan tempatnya, karang gigi ada di supragingiva (permukaan gigi diatas gusi) dan di subgingiva (permukaan gigi di bawah gusi).
Karang gigi terlebih timbul pada wilayah-wilayah gigi yang sukar dibersihkan.
Karang gigi ini menjadi tempat melekatnya kuman-kuman di dalam mulut.
Akibatnya dapat menyebabkan beragam penyakit gusi, layaknya radang gusi (gingivitis) yang ditandai dengan gusi tampak lebih merah, agak membengkak, dan sering berdarah waktu menggosok gigi.Perihal ini dapat berlanjut menjadi radang jaringan penyangga gigi yang lain (periodontitis) bila tidak langsung dirawat. Bila sudah step ini dapat membuat timbul gigi goyang gara-gara jaringan penyangga gigi sudah rusak. Juga yang tidak kalah sering berlangsung, karang gigi dapat menyebabkan bau mulut tidak enak. Perihal ini yang dirasa paling membuat ganguan.


Cara menyedikitkan timbulnya karang gigi ialah….


Terbentuknya karang gigi dapat pada seluruh orang, dan proses terbentuknya tidak bisa kita hin namun dapat kita kurangi. Cara untuk menyedikitkan terbentuknya karang gigi ialah :


Pertama ialah dengan rajin menjaga kebersihan gigi, ialah dengan menyikat gigi minimal 2 x 1 satu hari benar di mana seluruh bagian-bagian gigi tersikat bersih. Juga jangan lupa untuk menggosok gusi dengan lembut perlahan-lahan. Untuk gusi rahang atas, gerakan sikat gigi atas ke bawah, dan untuk gusi rahang bawah gerakan sikat gigi bawah ke atas. Perihal ini dapat melakukan blokadei terbentuknya karang gigi.
ke-2 ialah rajin kontrol ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali untuk melakuakan pembersihan karang gigi. gara-gara cuma dengan alat-alat kedokteran gigi saja karang gigi dapat dibersihkan.
Karang gigi tidak bisa hilang bila cuma dengan menggosok gigi atau berkumur dengan obat kumur. Dokter gigi mempunyai alat spesial untuk melakuakan pembersihan karang gigi anda.
(diambil webnya drg_likatrimulya)


Terima kasih telah berkunjung, semoga artikel Karang Gigi dan Cara menanggulanginya bermanfaat.

0 comments "Karang Gigi dan Cara menanggulanginya", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment