Dunia Medis,Kesehatan Anak,Herbal, Mulut Dan Gigi,Obat-Obatan,Tips Kesehatan,etc

Sikat dan Odol

Ditulis oleh:

Konten Kesehatan – Jagalah kesehatan gigi dan kesehatan tubuh anda.


Sikat dan Odol


yg terlebih dahulu saya minta maaf gara-gara lama absen, semoga seluruh tetap tetap menjaga kesehatan gigi dan mulut. Judul yang aneh ^^ mengapa yah ko kepikiran ngasi judul gini sesudah lama absen ngesitus atau blog koq jadi rada ga karuan hehehe. Sikat dan odol ialah dua hal yang tidak sama namun tidak bisa dipisahkan kalau mau gigi dan mulut kita sehat. Nah sikat apa yang cocok untuk gigi kita ( jangan sembarang sikat lo kan udah ada sikat spesial buat gigi, lebih dikenal dengan sikat gigi). Akan dijelaskan satu persatu mulai sikat gigi dan apa saja yang terkait dengan sikat gigi da mulut kita.

Sikat gigi
Sikat gigi ialah alat untuk melakuakan pembersihan gigi yang berbentuk sikat kecil dengan pegangan. Pasta gigi umumnya ditambahkan ke sikat gigi sebelum menggosok gigi. Sikat gigi banyak typenya, yang bulunya halus hingga kasar, bentuknya kecil hingga besar, dan beragam desain pegangan. Mayoritas dokter gigi menganjurkan pemakaian sikat yang lembut gara-gara sikat keras dapat mengakibatkan mengakibatkan kerusakan susunan enamel dan melukai gusi. Terdapat juga sikat gigi


Salah satu cara untuk menjaga kesehatan gigi ialah dengan menyikat gigi. Dengan menyikat gigi, kebersihan gigi dan mulut pun akan terjaga, Di Samping menghin terbentuknya lubang-lubang gigi dan penyakit gigi dan gusi. Banyak type dan ragam sikat gigi yang dijual di pasaran, yang manual maupun elektrik. sesungguhnya, apa saja syarat sikat gigi yang bagus? Yang termutlak ialah bulu sikat dan lebar kepala sikat. Untuk dapat menjangkau wilayah-wilayah gigi bagian belakang, ukuran kepala sikat gigi yang ideal ialah 35 – 40 mm. Bahkan, orang dewasa alangkah baiknya juga memakai sikat gigi anak, gara-gara ukurannya yang kecil akan menolong menjangkau bagian gigi yang paling dalam.


Sedikit panduan dalam menjadi penentu sikat gigi ( semoga bisa menolong yah)


Pilihlah sikat gigi yang kepalanya cukup kecil sehingga dapat dipakai dengan bagus dalam rongga mulut. Bagi orang dewasa panjang kepala sikat gigi 2,5 cm, namun pada anak 1,5 cm.


Panjang bulu sikat gigi hendaknya sama. Sikat gigi dengan bulu yang panjangnya tidak sama tidak bisa melakuakan pembersihan permukaan datar tanpa membuat timbul gencetan pada beberapa bulu sikat.


Tekstur bulu sikat hendaknya amat mungkin dipakai dengan efektif tanpa mengakibatkan mengakibatkan kerusakan jaringan. Jangan menjadi penentu bulu keras sebab dapat mengakibatkan mengakibatkan kerusakan jaringan. Yang terlalu lunak pun dikhawatirkan tidak bisa melakuakan pembersihan plak dengan amat terprediksi. Yang paling tepat sikat gigi dengan kekakuan bulu sikat medium.


Gagang sikat harus cukup lebar dan tebal agar dapat dipegang kuat dan dikontrol dengan bagus.


Untuk cara menggosok gigi yang baik dan benar sudah saya posting jadi silahkan liat ya ( sengaja saya tidak jelaskan disini gara-gara tetap banyak yang perlu diuraikan ntar biar ga bosen ^^)


Pasta gigi atau odol
Pasta gigi ialah setype pasta yang dipakai untuk melakuakan pembersihan gigi, umumnya dengan sikat gigi. Di Indonesia, pasta gigi sering juga dimaksud Odol, ialah salah satu merek pasta gigi. Walaupun merek ini sudah berpuluh-puluh tahun tidak lagi dijual di Indonesia, nama Odol telah menjadi nama generik.


Sidikit panduan menjadi penentu pasta gigi atau odol yang baik:
1. Pilih pasta gigi yang mengandung cukup fluoride. Fluoride mempunyai peran untuk menjaga gigi agar tidak berlubang. Namun, anak-anak di bawah 3 tahun alangkah baiknya tidak memakai odol. Masalahnya, terlalu amat banyak fluoride justru tidak baik dan bikin gigi lebih rapuh.


2. Pilih pasta gigi yang busanya tidak terlalu amat banyak. Busa yang terlalu amat banyak tunjukkan bahwa kandungan deterjen di dalamnya juga banyak. Pendapat bahwa semakin banyak busa semakin baik, tentu tidak benar.


3. Hin langsung makan sesudah menyikat gigi. Masalahnya, kadar asam mulut akan turun dan fluoride pun hilang, sehingga kuman akan masuk lagi. Makan alangkah baiknya 1 – 2 jam sesudah menyikat gigi.


4. Untuk menjaga situasi gigi, setiap 6 bulan sekali anak alangkah baiknya dibawa ke dokter gigi untuk dikerjakan topical fluoride (pesusunan gigi). bahkan bagi anak anak yang malas menyikat gigi.


Mungkin sekian dulu tetap bingung ni mo nulis apa lagi kalo ada pertanyaan silahkan komen, saran dan kritik senantiasa saya terima dengan gembira hati.


Terima kasih telah berkunjung, semoga artikel Sikat dan Odol bermanfaat.

0 comments "Sikat dan Odol", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment