Dunia Medis,Kesehatan Anak,Herbal, Mulut Dan Gigi,Obat-Obatan,Tips Kesehatan,etc

Sariawan/Stomatitis

Ditulis oleh:

Konten Kesehatan – Jagalah kesehatan gigi dan kesehatan tubuh anda.


Sariawan/Stomatitis


Sariawan ialah salah atu penyakit yang popular, gara-gara nyaris setiap orang alami sariawan dalam hidupnya. nah lalu apakah anda mengetahui tentang sariawan? apakah sariawan? apa penyebab sariawan? bagaimana cara mengobati sariawan? pertanyaan tersebut amat sering saya terima rekan2 saya maupun orang yang kebetukan bertemu.

Dalam ilmu kedokteran gigi atau pun dalam ilmu kesehatan gigi sariawan tidak luput perhatian, mungkin beberapa orang menganggap enteng namun sesungguhnya amat menggang kita dalam kegiatan apa lagi kalau kita makan wahh… makanan mahal yang terasa enak sekalipun kalau kita sariawan tak akan terasa nikmat di mulut.


Sariawan ialah bhs awam untuk beragam macam lesi/benjolan yang timbul di rongga mulut. Namun umumnya type sariawan yang sering timbul satu hari-hari pada rongga mulut kita dimaksud (dalam arti kedokteran gigi) Stomatitis Aftosa Rekuren.
Gejalanya berwujud rasa sakit atau rasa Dilalap Api satu hingga dua hari yang lantas bisa timbul luka (ulser) di rongga mulut. Rasa sakit dan rasa panas pada sariawan ini bikin kita susah makan dan minum. Sehingga kadang-kadang pasien dengan Sariawan datang ke dokter gigi dalam situasi lemas. Ini sering lakukan serangan siapa saja. Tidak mengetahui umur maupun type alat vital. umumnya wilayah yang paling sering timbul Sariawan ini ialah di mukosa pipi bagian dalam, bibir bagian dalam, lidah serta di langit-langit.


Penyebab sariawan/satomatitis?


hingga sekarang ini penyebab utama Sariawan belum diketahui. Namun para ahli telah melakukan dugaan banyak hal yang menjadi penyebab timbulnya sariawan ini, diantaranya ialah :


Faktor General :
Hormonal maupun penyakit sistemik.
Stres.


Faktor Lokal:
Overhang tambalan atau karies, protesa (gigi tiruan)
Luka pada bibir akibat tergigit/benturan.
Defisiensi (kekurangan) vitamin B12 dan zat besi.
dll yang menyebabkan trauma pada gusi atau mukosa mulut.


Infeksi virus dan bakteri juga diduga Selayak pengambil inisiatif timbulnya Sariawan ini. Ada pula yang menyebutkan bahwa sariawan ialah reaksi imunologik abnormal pada rongga mulut. Nah yang cukup sering berlangsung pada kita, terlebih Masyarakat kota yang sibuk, ialah stress. Faktor psilkologis ini (stress) telah diselidiki terkait dengan timbulnya Sariawan.


Cara menanggulanginya Sariawan


Dengan mengetahui penyebabnya, diinginkan kita dapat menghin timbulnya sariawan ini, diantaranya dengan menjaga kebersihan rongga mulut serta mengmengonsumsi nutrisi yang cukup, terlebih yang mengandung vitamin B12 dan zat besi. Juga disamping itu, jangan lupa untuk menghin stress. Namun bila terbukti sariwan senantiasa hilang timbul, Anda dapat mencari jalan dengan kumur-kumur air garam hangat dan pergi ke dokter gigi untuk memohon obat yang pas untuk sariawannya. gara-gara Bilamana kita tidak tau pasti kadang-kadang kita mengmengonsumsi obat yang salah, gara-gara Penyembuhan dengan cara diberi obatnya alangkah baiknya juga berbasickan faktor penyebabnya. alangkah baiknya jangan di obati sembarangan gara-gara kita tidak paham apakah obat tersebut bersifat karsinogenik, atau merangsang kanker.


Ada artikel tentang yoghurt dapat mengobati sariawan, jadi apakah yoghurt bisa mengobati sariawan? Yoghurt mengandung lactobacillus, pada situasi flora dan fauan mulut yang tidak seimbang, bakteri tersebut dapat menolong keseimbangan kebun binatang mulut. Tapi sariawan yang lebih dua minggu harus di waspadai… langsung hubungi dokter supaya bisa di check and recek lebih lanjut.


Terima kasih telah berkunjung, semoga artikel Sariawan/Stomatitis bermanfaat.

0 comments "Sariawan/Stomatitis", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment